Bendera Majapahit

Setelah beberapa hari ggogling kerajaan majapahit akhirnya saya menemukan sesuatu yang aneh dari bendera majapahit dan bendera-bendera negara yang dulu merupakan daerah kekuasaan, info yang ada di bawah ini saya dapat dari sebuah web

Setelah mencari data-data mengenai Majapahit Ternyata Majapahit mempunyai bendera kerajaan yaitu bendera Merah putih dan Prajurit Majapahitnya dinamakan Prajurit Gula kelapa. Loh kok Gula Kelapa? Gula Kelapa itu berwarna Merah dan terbuat dari Sari buah Kelapa yang berwarna putih. Ada juga yang menyebutkan bahwa prajurit majapahit dinamakan prajurit getah getih seperti yang kita ketahui bahwa getah itu berwarna putih dan getih berwarna merah. Adapun Makna dari bendera Merah putih ada dua yaitu Merah berati Berani dan Putih berarti suci, belakangan ini ada juga yang menyebutkan bahwa putih itu melambangkan tulang merah melambangkan darah yang menyatu dalam jiwa raga kita.

Bendera Majapahit berdasarkan yang saya cari di pakdhe google ada dua versi yaitu :
Bendera panji - panji Majapahit
Rasio The Majapahit Flag adalah Belum diketahui berapa

Dengan Luasnya Wilayah Kekuasaan Majapahit yang meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Filifina Selatan, Thailand Selatan, Madagaskar dll mengakibatkan Bendera Merah putih pun berkibar di seluruh penjuru wilayah Majapahit yang sering dinamakan Nusantara (tidak termasuk malagasi). Tapi sayang Umur majapahit tidak lama dan digantikan kekuasaan local yang bercorak islami sampai pada akhirnya nusantara mengalami kemunduran ditandai dengan penjajahan oleh bangsa Eropa.

Memasuki abad ke-19 Bangsa-bangsa Nusantara Mulai Bangkit dan memproklamirkan kemerdekaan yang pertama merdeka adalah Indonesia yaitu pada tahun 1945 yang dideklarasikan oleh sukarno-hatta. Syarat sebuah Negara selain mempunyai kedaulatan dan Rakyat, bendera merupakan identitas yang harus dimilliki sebagai pembeda dengan Negara-negara yang lain. Negara Negara yang dulu merupakan Bagian nusantara bila dirunut-runut mempunyai sejarah Bendera yang tidak terpisahkan dari bendera majapahit.

  1. Indonesia
  2. Bendera nasional Indonesia adalah Bendera Sang Saka Merah Putih. Warnanya diambil dari warna Kerajaan Majapahit. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih.

    Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa/gula aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih). Sejak dulu warna merah dan putih ini oleh orang Jawa digunakan untuk upacara selamatan kandungan bayi sesudah berusia empat bulan di dalam rahim berupa bubur yang diberi pewarna merah sebagian. Orang Jawa percaya bahwa kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu darah yang tumpah ketika sang jabang bayi lahir, dan unsur putih sebagai lambang ayah, yang ditanam di gua garba.

    Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII.
    Ketika terjadi perang di Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran.

    Di zaman kerajaan Bugis Bone,Sulawesi Selatan sebelum Arung Palakka, bendera Merah Putih, adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone.Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang.
    Pada waktu perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.

    Sebelum Merah Putih berkibar di Indonesia (hindia belanda) bendera yang dikibarkan adalah bendera VOC, bendera Belanda, Bendera Jepang.
    Bendera Negara yang pernah Menjajah di Indonesia
    Dan kini Indonesia Akan Berjaya !
    Bendera Sang Saka Merah Putih
    Rasio bendera 2:1

  3. Malaysia/malingsia
  4. Sebagai negara tetangga yang sering disebut “serumpun”, bendera Malaysia cukup dikenal oleh masyarakat kita. Ide dari bendera Malaysia ini datang dari bendera AS, The Stars and Stripes. Bendera Malaysia ini disebut “Jalur Gemilang” (Jalur = strip atau garis). Walaupun ide bendera ini berasal dari bendera AS, namun ada perbedaan dalam jumlah garis-garisnya. Pada bendera AS jumlah garis (strip) adalah 13 yang dimulai dari warna merah (paling atas) dan diakhiri juga dengan warna merah (paling bawah). Sedangkan jumlah garis pada bendera Malaysia adalah 14, dimulai dari garis berwarna merah (paling atas) dan diakhiri oleh garis berwarna putih (paling bawah).

    Detail yang harus diperhatikan pada bendera Malaysia juga jumlah sinar pada bintang kuningnya. Pada awalnya sinar yang memancar pada bintang kuningnya berjumlah 11 sama seperti jumlah awal strip2 merah putih pada bendera Malaysia. Ini pada awalnya menunjukkan bahwa di Malaysia terdapat 11 negara bagian federasi. Namun pada tahun 1963, Sabah, Sarawak dan Singapura bergabung ke dalam federasi Malaysia sehingga jumlah sinar pada bintang dan juga garis2nya berjumlah 14 hingga kini. Walaupun pada tahun 1965 Singapura memisahkan diri dari Malaysia, namun jumlah sinar pada bintang dan garis2 pada bendera Malaysia tetap 14. Ini dikarenakan sinar dan garis ke-14 tersebut adalah untuk Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur*) yang derajadnya setara dengan ketigabelas negara2 bagian di Malaysia. Bulan sabit berwarna kuning pada bendera Malaysia melambangkan Islam.

    Tetapi sebelum merdeka (???, yang benar negara boneka) dan melakkukan perjanjian dengan inggris dimana pengembalian kekuasaan Malaya dari inggris ke Malaysia dimana salah satu hasilnya adalah Wilayah Malaysia diizinkan didirikan pangkalan militer inggris selama 999 tahun. Dan Malaysia pun berhak memiliki bendera sendiri, Tapi merah-putih Majapahit tidak pernah disetujui oleh tuan British dikarenakan seluruh koloni British harus mengadopsi Union Jack

    Bendera-bendera yang berkibar di Malaysia
    Bendera malaysia dari tahun ke tahun
    Sebelum ditetapkan bendera yang di sebelumnya Malaysia mengajukan proposal ke inggris ke mengenai bendera yang digunakan berikut gambar nya :
    Bendera yang gagal dipakai
    Rasio bendera Malaysia adalah 2:1.

    Singapura

    Bendera Singapura diciptakan oleh sebuah komite yang diketuai oleh Wakil Perdana Menteri pada masa itu, Dr. Toh Chin Chye yang terinspirasi bendera Indonesia. Bendera ini menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar di Singapura selama 140 tahun (1819-1959) dan hingga kini digunakan sejak Singapura merdeka dari Malaysia pada 9 Agustus 1965 Bendera Singapura diciptakan juga karena kekecewaan Singapura terhadap Malaysia karena menggunakan bendera jalur gemilang yang lebih memperlihatkan islam.

    Bendera dibuat dengan inspirasi indonesia dan bendera Majaphit, hanya saja pada bagian warna merah ada bulan sabit dan 5 bintang yang disusun bundar. Setiap ciri yang ada pada bendera tersebut mempunyai makna yang tersendiri.
    Warna merah bermakna persaudaraan dan kesamaan segala manusia. Putih melambangkan kesucian dan kebaikan. Bulan sabit melambangkan sebuah negara muda yang sedang maju. Kelima bintang melambangkan lima prinsip yang dipegang oleh Singapura: demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan.

    Bendera Singapura, negara banyak Tuma bersisik (tumasik)
    Rasio Bendera 2 : 3

  5. Thailand
  6. Bendera Thailand menunjukkan lima jalur yang mendatar dalam warna merah, putih, biru, putih dan merah. Ukuran jalur biru yang ada di tengah dua kali lebih besar dari jalur-jalur yang lain. Warna merah-putih-biru melambangkan “negara-agama-raja”, semboyan tidak resmi Thailand. Bendera ini diresmikan pada 28 September 1917. Nama Thai untuk bendera ini adalah Thong Trairong (ธงไตรรงค์), yang bermakna, bendera tiga warna.


    Bendera sekarang. Rasio: 3:2

    Bendera pertama yang digunakan di Siam itu berwarna merah dan tidak bercorak, digunakan masa pemerintahan Raja Narai (1656-1688). Kemudiannya berbagai jenis simbol dirancang di latar belakang tersebut seperti, chakra putih (roda yang berkaitan dengan agama Buddha), seekor gajah putih di dalam chakra atau cakra putih dengan matahari di dalamnya.

    Dalam catatan resmi, bendera Thai pertama kali dirancang pada tahun 1855 oleh Raja Mongkut (Rama IV), memaparkan seekor gajah putih (lambang kerajaan) di latar belakang yang merah, kerana bendera merah yang tidak bercorak tidak begitu sesuai digunakan di arena internasional.
    Pada 1916, bendera Thai diubah menurut bentuk yang digunakan sekarang, namun pada mulanya, jalur yang di tengah berwarna merah seperti jalur yang berada di lingkungan bendera. Pada 1917, warna merah tersebut diganti dengan warna biru, yang merupkan warna hari Jumat bagi orang Thai dan juga hari lahirnya Raja Rama VI.

sumber